Oleh: Satria

Dosen Fakultas Geografi Unviersitas Gadjah Mada, Dr. Bachtiar Wahyu Mutaqin, M.Kel., berhasil meraih penghargaan internasional Young Geomorphologist Grants Award 2019. Penghargaan ini diberikan oleh International Association of Geomorphology (IAG/AIG) dalam kegiatan Regional Conference on Geomorphology di Athena, Yunani, pada 19-21 September 2019.

“Penghargaan ini yang kedua setelah tahun 2017 silam juga pernah mendapatkan penghargaan tersebut di India,”papar Bachtiar, Jumat (20/9).

Young Geomorphologists Grants Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada geomorfolog muda dari berbagai penjuru dunia yang berusia kurang dari 35 tahun sebagai apresiasi atas pencapaian-pencapaian akademis dalam bidang geomorfologi.

Berdasarkan seleksi yang dilakukan oleh Komite Eksekutif IAG/AIG terhadap 42 kandidat dari 17 negara yang berbeda, Bachtiar bersama dengan 7 geomorfolog muda lainnya berhasil lolos seleksi untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Atas prestasinya, Bachtiar berkesempatan untuk mengikuti pelatihan intensif dari IAG/AIG bekerja sama dengan European Geosciences Union (EGU) dengan tema "Coastal Geomorphology of Climatically and Tectonically Sensitive Areas" pada 22-27 September 2019 di Universitas Harokopio dan Hellenic Center for Marine Research (HCMR).

Bachtiar yang saat ini juga menjabat sebagai Sekretaris di Pusat Studi Sumberdaya dan Teknologi Kelautan UGM menyampaikan bahwa keberhasilan ini dapat diraih berkat dukungan penuh dari Fakultas Geografi UGM, Pustek Kelautan, serta Badan Penerbit dan Publikasi (BPP-UGM). (Humas UGM/Satria)