Beasiswa Dana Abadi

Dana Abadi merupakan dana investasi yang diperoleh dari bantuan yang diinvestasikan oleh sahabat UGM. Tujuan Dana Abadi adalah mewujudkan misi Universitas Gadjah Mada menuju World Class University. Sektor yang akan didanai dari Dana Abadi UGM adalah sektor pendidikan (beasiswa) dan penelitian. Dana Abadi didayagunakan dalam investasi jangka panjang seperti saham, obligasi, surat utang negara, reksadana maupun deposito dan lainnya dimana hanya keuntungannya saja yang digunakan. Hasil investasi memungkinkan untuk membiayai pendidikan, dan penelitian di berbagai disiplin ilmu. Dengan berdonasi di dana abadi UGM, berarti anda telah berdonasi selamanya untuk kemajuan UGM di masa depan.

Infrastruktur

Para sahabat UGM dapat berdonasi untuk pengembangan infrastruktur strategis antara lain: infrastruktur pendidikan, infrastruktur riset maupun infrastruktur pendukung. Para sahabat UGM dapat menjadi inisiator penggalangan dana untuk pengembangan infrastruktur di UGM.

  1. Rumah Sakit Akademik
  2. UGM - Hatta Convention Center
  3. Lab. Penelitian & Pengembangan InovasI/LPPI
  4. Digital Innovation Center
  5. Wisma Kagama
  6. Ground Science Park
  7. Co-Working Creative Gallery
  8. Museum Kayu Wanagama
  9. Gedung Olahraga
  10. Field Research Center
  11. Rumah Ibadah
  12. Parkir Bertingkat dan Pujale
  13. Penataan Fasad Gedung Panca Dharma Sekip UGM

Rumah Sakit UGM yang berlokasi di Gamping, Sleman adalah Rumah Sakit yang telah ditetapkan sebagai RS tipe B dan RS-PTN yang pertama kali mendapatkan Sertifikat Akreditasi PARIPURNA, dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) memiliki rencana pengembangan gedung Yudhistira dan Arjuna. Kedua gedung ini direncanakan akan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai pusat Layanan Gedung Ginjal (haemodialisis) dan Jantung terpadu serta layanan Trauma Center dan bedah Terpadu.

Nilai Investasi : Rp. 181.000.000.000,-

Convention Center merupakan salah satu pengembangan UGM di luar kampus yang digunakan sebagai tempat pertemuan untuk kegiatan-kegiatan tri dharma dalam kapasitas yang besar secara terpadu dan didukung dengan fasilitas kamar yang memadai serta pusat perbelanjaan. Convention Center ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi penggunaan ruangan di luar kantor untuk civitas akdemika UGM. Bangunan direncanakan berlokasi di Demangan, Gondhokusuman ( Jl. Laksda Adisutjipto).

Nilai Investasi : Rp. 188.000.000.000,-

Pengembangan Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Inovasi (LPPI) adalah usaha untuk merevitalisasi, mengefisienkan dan mengembangkan 4 (empat) laboratorium pusat, yaitu Laboratorium Analisis Kimia dan Fisika Pusat (LAKFIP), Laboratorium Ilmu Hayati (LIH), Pusat Studi Obat Tradisional (PSOT) dan Unit Pengembangan Hewan Percobaan (UPHP) dalam 1 kawasan sehingga dapat memberikan layanan terpadu. LPPI direncanakan berlokasi di tempat yang sama dengan gedung eksisting saat ini (LPPT) di Sekip Utara, Jl. Kalurang Yogyakarta.

Nilai Investasi : Rp. 40.000.000.000,-

Pengembangan Infrastruktur “Digital Innovation Center” direncanakan sebagai sarana melahirkan inovasi dalam bidang Digital Technology, Internet of Things, Big Data Analytic dan Artificial Intellegence. Digital Innovation Center akan berlokasi di Sekip, Jl. Kaliurang, Yogyakarta.

Nilai Investasi : Rp. 39.000.000.000,-

Kebutuhan akan fasilitas penginapan yang layak bagi para tamu, dosen luar Negeri , mitra dan Peneliti dari univeristas lainnya yang berkunjung ke UGM saat ini sudah sangat mendesak. Dengan adanya Wisma KAGAMA ini akan menjadi fasiltas yang memadai untuk menjawab kebutuhan akomodasi di wilayah Sendowo.

Nilai Investasi : Rp. 43.000.000.000,-

Adalah program perkuatan edukopolis untuk mereduksi sirkulasi kendaraan di dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada dengan menyediakan kantong parkir baru di kawasan kampus yang didesain dengan mengoptimalkan bawah tanah lapangan Grha Sabha Pramana UGM dengan memberikan fungsi ruang terbuka dan area komunal.

Nilai Investasi : Rp. 252.000.000.000,-

PCo-Working Creative Gallery adalah perpaduan gallery untuk pameran dan co-working space bagi ruang pembelajaran mahasiswa. Bangunan ini direncanakan disebar di 2 zona kampus UGM yaitu cluster barat (area Fakultas Teknik UGM) dan cluster timur (area Wisdom Park UGM).

Nilai Investasi : Rp. 8.000.000.000,-

Museum yang terletak di hutan Wanagama, direncanakan UGM sebagai sarana multifungsi antara lain ruang pameran kehutanan, ruang perkantoran, ruangan meeting, ruangan pembelajaran, ruang workshop, ruang diskusi, perpustakaan hingga 4Dhome theater. Museum ini terintegrasi dengan hutan konservasi sebagai field laboratory dan fasilitas outbound.

Nilai Investasi : Rp. 43.000.000.000,-

PPengembangan Gelanggang Olahraga di sebelah barat Lapangan Pancasila merupakan pemenuhan kebutuhan fasilitas olahraga yang memenuhi standar dan memfasilitasi atlet-atlet berprestasi. GOR ini juga akan menjadi fasilitas pendukung program PBOS (Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni) untuk kegiatan Bapomi, Porda, serta berbagai kejuaraan olahraga mahasiswa.

Nilai Investasi : Rp. 252.000.000.000,-

Pembangunan Filed research Center (FRC) ditujukan untuk riset dan inovasi diberbagai bidang keilmuan untuk mendukung proses pembelajaranyang terintegrasi dengan industry dalam rangka program pemberdayaan masyarakat berbasis community driven di Kulonprogo.

Nilai Investasi : Rp. 172.400.000.000,-

Rumah ibadah yang direncanakan berlokasi di selatan gedung Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM merupakan sarana keagamaan yang penting bagi pemeluk agama di suatu tempat. Selain sebagai simbol “keberadaan” pemeluk agama, rumah ibadah juga sebagai tempat penyiaran agama dan tempat melakukan ibadah. Artinya fungsi rumah ibadah di samping sebagai tempat peribadatan diharapkan dapat memberikan dorongan yang kuat dan terarah bagi jamaahnya, agar kehidupan spiritual keberagamaan bagi pemeluk agama tersebut menjadi lebih baik. Dan UGM ikut mengupayakan agar kehidupan spiritual civitas akademika bisa berjalan lebih baik dengan menyediakan fasilitas peribadatan yang layak.

Nilai Investasi : Rp.13.500.000.000,-

Pusat jajan ini merupakan upaya UGM untuk memfasilitasi kebutuhan mahasiswa sekaligus menata keberadaan pedagang kaki lima Fasilitas ini direncanakan berlokasi di area Wisdom Park UGM.

Nilai Investasi : Rp. 40.000.000.000,-

Upaya penataan Fasad Gedung Panca Dharma berupa pembenahan fasad, tata lansekap dan system tata pencahayaan tanpa meninggalkan unsur dan nilai-nilai heritage bangunan, sehingga dapat memberikan nilai lebih bagi tampilan wajah UGM yang berada di lokasi strategis di kawasan Sekip.

Nilai Investasi : Rp. 1.500.000.000,-

Investasi

Investasi ditujukan untuk mengembangkan inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh dosen maupun mahasiswa, hilirisasi produk-produk riset menuju produk komersial serta pengembangan unit-unit usaha di UGM, yang antara lain:

  1. Pengembangan unit usaha baru dalam bidang kesehatan melalui PT Swayasa Prakarsa yang memproduksi alat, produk dan teknoolgi kesehatan hasil inovasi UGM
  2. Pengembangan start up digital dan rekayasa melalui program Innovative Academy dan unit usaha PT Gama Inovasi Berdikari. Unit usaha ini dimandatkan untuk inkubasi start up karya mahasiswa dan dosen sehingga fungsi sebagai inkubator dan venture capital sangat dibutuhkan.
  3. Pengembangan bisnis produk teh dan turunannya, produk kakao dan turunannya yang melahirkan unit unit usaha baru dengan prospek dan kemanfaatan tinggi pada masyarakat.