Oleh: Ika

Tim mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM berhasil meraih juara dua dalam lomba karya tulis ilmiah nasional Integrated Bioengineering Competition and Event (IBEC) yang berlangsung pada 2-3 Februari 2019 di ITB.

Mereka adalah Mochammad Idris Ramadana dan Reza Hantoro Juniardi. Keduanya merupakan mahasiswa Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem FTP.

Kompetisi ini diikuti lebih dari 170 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tim UGM berhasil memboyong juara dua dengan mengajukan karya tulis berjudul SHIT FERTIGATION (Sustainable, Helpful, and the Incredible Technology Fertigation) di bawah bimbingan Dr. Joko Nugroho.

Reza menjelaskan gagasan yang diusung merupakan sebuah inovasi fertigasi dengan memanfaatkan limbah cair rumah tangga untuk mendukung kedaulatan pangan nasional dan Indonesia mandiri dalam SDGs 2030.  Fertigasi merupakan sistem pemupukan dan penyiraman tanaman yang dilakukan bersamaan melalui irigasi tetes.

“Shit fertigasi dijalankan dengan memanfaatkan limbah cair rumah tangga menjadi bahan pupuk untuk tanaman pekarangan,” tuturnya, Kamis (7/2) di UGM.

Metode ini dilakukan sebagai bentuk teknologi pensubstitusi air irigasi dan bahan pupuk bagi tanaman dengan pemanfaatan limbah cair rumah tangga. Dibuat dengan rangkaian bioreaktor anaerob dan aerob. (Humas UGM/Ika)