Oleh: Ika

Pakar Komparatif Filosofi dan Studi Agama Central University of Khasmir, Prof. Hamidullah Marazi, menyampaikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa Fakultas Filsafat UGM, Senin (11/2) di kampus setempat.

Dalam kuliah umum bertajuk “Future of Philosophy in Muslim World’, Hamidullah menyoroti pentingnya untuk mengkaji ulang berbagai pemikiran filsafat di masa lalu guna menjawab masa depan filsafat dalam dunia Islam. Langkah tersebut perlu dilakukan mengingat kajian kefilsafatan yang belum berkembang secara signifikan.

“Saat ini pemikiran keislaman banyak dikaji dari aspek ilmu pengetahuan secara umum, tetapi kajian tentang kefilsafatan masih belum banyak berkembang,” katanya.

Oleh sebab itu, upaya untuk melakukan kajian ulang pemikiran filsafat terdahulu perlu dilakukan. Hal tersebut selanjutnya dapat menjadi pijakan untuk pembangunan filsafat masa depan.

Sementara itu, Dekan Filsafat UGM, Dr. Arqom Kuswanjono, menjelaskan kuliah umum kali ini merupakan kegiatan rutin yang digelar Fakultas Filsafat UGM di setiap awal semester. Kegiatan ditujukan untuk memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan kepada para mahasiswa terkait berbagai isu kefilsafatan dengan menghadirkan pembicara dari kalangan alumni dan tokoh-tokoh besar di level nasional dan dunia.

Kali ini mengundang pakar dari Centar University of Khasmir, Prof. Hamidullah Marazi. Selama 10 hari, Hamidullah akan melaksanakan berbagai kegiatan di Fakultas Filsafat UGM. Selain mengisi kuliah umum, nantinya dia juga akan mengajar mahaiswa Fakultas Filsafat di beberapa mata kuliah. (Humas UGM/Ika)