Oleh: Ika

Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam pemeringkatan universitas terbaik dunia versi The Times Higher Education (THE) 2020 dalam peringkat 1001+ dunia.

Dalam peringkat 1001+ tersebut turut masuk Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Brawijaya (UB). Sementara berdasarkan skor indikator secara keseluruhan dalam peringkat 1001+ secara berurutan adalah ITB, ITS, UGM, IPB, UB.

Kepala Kantor Jaminan Mutu (KJM) UGM, Prof. Dr. Indra Wijaya Kusuma, M.B.A., mengatakan peringkat tersebut merupakan hasil survei THE dalam “Peringkat Universitas Dunia 2020” yang belum lama ini dirilis mencakup 1.395 universitas di berbagai negara dunia. Penilaian dilakukan berdasar 13 indikator kinerja yang mengukur kinerja universitas yang meliputi lima hal, yakni pengajaran, penelitian, sitasi, transfer pengetahuan, serta pandangan internasional.

“UGM memiliki skor keseluruhan 10.7-22.1, tepatnya dengan skor 19,1”jelasnya saat ditemui Kamis (19/9).

Secara rinci skor tersebut meliputi pengajaran 23.4, penelitian 11.0, kutipan internasional 15.7, sinergi dunia industri 61.4, dan pandangan internasional 34.1. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa UGM mengalami peningkatan performa dibandingkan tahun sebelumnya. 

"Ada peningkatan performa sebesar 14,2 persen," sebutnya.

Lebih lanjut Indra menjelaskan bahwa peningkatan terjadi di seluruh indikator. Namun, penilaian tertinggi diperoleh UGM pada indikator pengajaran dengan menduduki peringkat ke-2 di Indonesia. 

"Hasil pemeringkatan ini menunjukkan pengakuan dunia internasional terhadap kualitas penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi di UGM," terangnya.

Sementara dalam pemeringkatan QS untuk Graduate Employability 2019, UGM bersama dengan lima perguruan  tinggi lain di Indonesia berada dalam peringkat yang sama yaitu masuk pada 301-500 dunia. Kelima perguruan tinggi tersebut adalah ITB, Binus, Undip, ITS, UI (Humas UGM/Ika; foto:Firsto)